CARA MENULIS AKSARA JAWA DI MICROSOFT WORD


         Pada tutorial menulis aksara jawa di microsoft word ini, saya asumsikan anda sudah mengetahui urutan dan huruf jawa itu sendiri. Baik itu huruf baku dan sandhangannya. Baiklah, tanpa panjang lebar lagi berikut tutorial menulis aksara jawa di microsoft word.
- Adapun bahan yang anda perlukan hanyalah font jawa yang dapat anda download di link berikut ini -->
Bahan : 
Download font aksara jawa

Password rar :   |  Status : Tested  (Microsoft Word 2010)
- Setelah selesai mendownload silakan buka file lalu klik install pada tombol sebelah kanan atas pada jendela yang terbuka.



Persiapan selesai.
- Langkah berikutnya silakan buka microsoft word anda, buat file baru.
Coba anda ketikkan dengan sebuah kata --> "anlw" (tanpa tanda petik)



- Silakan blok rangkaian huruf "anlw" tersebut lalu ganti huruf dengan memilih font hanan dimenu font pada microsoft word anda.



- Kira-kira seperti itulah cara menulis aksara jawa di microsoft word, sebagai panduan silakan lihat petunjuk keyboard dibawah ini.



Catatan : Untuk yang font atas silakan gunakan tombol shift pada keyboard komputer anda.

- Untuk caranya terserah anda, boleh dengan membuat tulisan dulu dengan font lain lalu diganti hurufnya seperti cara diatas, atau langsung melihat petunjuk cara penggunaan font jawa lalu mengetiknya di microsoft word.

         Namun ada yang perlu anda ingat, bahwa font aksara jawa ini hanya berlaku pada komputer yang sudah terinstall huruf jawa saja. Suatu contoh jika anda membuat soal dan ingin mencetak dokumen tersebut pada komputer lain dengan menggunakan flashdisk, anda harus menginstall font tersebut terlebih dahulu.

       
         Demikian tutorial menulis aksara jawa di microsoft word semoga bermanfaat. Terima kasih telah membaca postingan ini, Wassalam.

Share on Google Plus

About Unknown

Nama Ivan Zaka Mubarok. Saya bukan seorang blogger profesional. Tinggalkan komentar anda jika ada yang kurang jelas dari postingan diatas, tidak tahu cara downloadnya, dan ada link yang mati/eror hubungi di Contact Us. Thanks atas kunjungannya dan kerjasamanya.....
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar